Dear blog, do you miss me? Lama sekali gw ngga ngeblog, gara2 kesibukan kerjaan plus berangkatnya gw ke jakarta.

Beberapa hari yang lalu, nemu tret tentang personality di forum, dan ada testnya juga.

gw ambil dari sebagian posting si Red (credit buat dia deh…) tentang 4 jenis personality manusia

Kepribadian Sanguinis “Populer” ( Ekstrovert – Membicara – Optimis )

1. Kekuatan Emosi Sanguinis Populer
Kepribadian yang menarik, suka berbicara, Menghidupkan pesta, Rasa humor yang hebat, Ingatan kuat untuk warna, Secara fisik memukau pendengar, Emosional dan demonstratif, Antusias dan ekspresif, Periang dan penuh semangat, Penuh rasa ingin tahu, Baik di panggung, Lugu dan polos, Hidup di masa sekarang, Mudah diubah, Berhati tulus, Selalu kekanak-kanakan.

2. Sanguinis Populer di Pekerjaan
Sukarelawan untuk tugas, Memikirkan kegiatan baru, Tampak hebat di permukaan, Kreatif dan inovatif, Punya energi dan antusiasme, Mulai dengan cara cemerlang, Mengilhami orang lain untuk ikut, Mempesona orang lain untuk bekerja

3. Sanguinis Populer Sebagai Teman
Mudah berteman, Mencintai orang, Suka dipuji, Tampak menyenangkan, Dicemburui orang lain, Bukan pendendam, Cepat minta maaf, Mencegah saat membosankan, Suka kegiatan spontan.

4. Sanguinis Populer Sebagai Orang Tua
Membuat rumah menyenangkan, Disukai teman anak-anak, Mengubah bencana, menjadi humor, Merupakan pemimpin sirkus

Kepribadian Melankolis “Sempurna” ( Introvert – Pemikir – Pesimis )

1. Emosi Melankolis Sempurna
Mendalam dan penuh pikiran, Analitis, Serius dan tekun, Cenderung jenius, Berbakat dan kreatif, Artistik atau musical, Filosofis dan puitis, Menghargai keindahan, Perasa terhadap orang lain, Suka berkorban, Penuh kesadaran, Idealis

2. Melankolis Sempurna di Pekerjaan
Berorientasi jadwal, Perfeksionis, standar tinggi, Sadar perincian, Gigih dan cermat, Tertib dan terorganisasi, Teratur dan rapi, Ekonomis, Melihat masalah. Mendapat pemecahan kreatif, Perlu menyelesaikan apa yang dimulai, Suka diagram, grafik, bagan, daftar

3. Melankolis Sempurna Sebagai Teman
Hati-hati dalam berteman, Puas tinggal di latar belakang, Menghindari perhatian, Setia dan berbakti, Mau mendengarkan keluhan, Bisa memecahkan masalah orang lain, Sangat memperhatikan orang lain, Terharu oleh air mata penuh belas kasihan, Mencari teman hidup ideal.

4. Melankolis Sempurna Sebagai Orang Tua
Menetapkan standar tinggi, Ingin segalanya dilakukan dengan benar, Menjaga rumah selalu rapi, Merapikan barang anak-anak, Mengorbankan keinginan sendiri untuk yang lain, Mendorong intelegensi dan bakat.

Kepribadian Koleris “Kuat” ( Ekstrovert – Pelaku – Optimis )

1. Emosi Koleris Kuat
Berbakat pemimpin, Dinamis dan aktif, Sangat memerlukan perubahan, Harus memperbaiki kesalahan, Berkemauan kuat dan tegas, Tidak emosional bertindak, Tidak mudah patah semangat, Bebas dan mandiri, Memancarkan keyakinan, Bisa menjalankan apa saja.

2. Koleris Kuat di Pekerjaan
Berorientasi target, Melihat seluruh gambaran, Terorganisasi dengan baik, Mencari pemecahan praktis, Bergerak cepat untuk bertindak, Mendelegasikan pekerjaan, Menekankan pada hasil, Membuat target, Merangsang kegiatan, Berkembang karena saingan.

3. Koleris Kuat Sebagai Teman
Tidak terlalu perlu teman, Mau bekerja untuk kegiatan, Mau memimpin dan mengorganisasi, Biasanya selalu benar, Unggul dalam keadaan darurat.

4. Koleris Kuat Sebagai Orang Tua
Memberikan kepemimpinan kuat. Menetapkan tujuan, Memotivasi keluarga untuk kelompok, Tahu jawaban yang benar, Mengorganisasi rumah tangga.

Kepribadian Phlegmatis “Damai” ( Introvert – Pengamat – Pesimis )

1. Emosi Phlegmatis Damai
Kepribadian rendah hati, Mudah bergaul dan santai, Diam, tenang, dan mampu, Sabar, baik keseimbangannya, Hidup konsisten, Tenang tetapi cerdas, Simpatik dan baik hati, Menyembunyikan emosi, Bahagia menerima kehidupan, Serba guna

2. Phlegmatis Damai di Pekerjaan
Cakap dan mantap, Damai dan mudah sepakat, Punya kemampuan administratif, Menjadi penengah masalah, Menghindari konflik, Baik di bawah tekanan, Menemukan cara yang mudah.

3. Phlegmatis Damai Sebagai Teman
Mudah diajak bergaul, Menyenangkan, Tidak suka menyinggung, Pendengar yang baik, Selera humor yang menggigit, Suka mengawasi orang, Punya banyak teman, Punya belas kasihan dan perhatian

4. Phlegmatis Damai Sebagai Orang Tua
Menjadi orang tua yang baik, Menyediakan watku bagi anak-anak, Tidak tergesa-gesa, Bisa mengambil yang baik dari yang buruk, Tidak mudah marah.

Tidak ada pribadi yang lebih bagus dari yang lain. Semua sifat memiliki kekuatan dan kelemahannya.

Sebenarnya pernah dulu mengisi test serupa dari buku Personality Plus, hanya sayangnya gw sudah lupa hasil test gw, saat itu gw gak serius sih.

Dan gw coba isi personality test tersebut, ternyata hasilnya :

Melankolis 45%, Koleris 35%, Sanguinis 15%, Phlegmatis 5%

Buat yang mau coba ini silakan diunduh —> personality test

Hasil test mungkin tidak bisa menggambarkan kepribadianmu tepat 100%, tapi minimal kalau kamu berusaha mengisinya dengan sejujur2nya akan bisa memperlihatkan tindakan2 yang akan kita ambil dalam suatu kondisi.

Contohnya diriku, sebagai seorang melankolis (cieh) – gw cenderung analitis, mendalam, penuh pikiran, rada serius dan idealis, standard gw tinggi, terperinci, tertib, melihat masalah dan mencari solusi, pemecahan kreatif, sensitif, kalau sudah mulai, dituntaskan, mau mendengarkan keluhan, puas dibelakang layar, sangat memperhatikan orang lain, setia dan mengabdi, serta menghindari perhatian. Tapi buruknya, seorang melankolis juga cenderung melihat masalah dari sisi negatif, mudah tertekan, mudah merasa bersalah, citra diri rendah, tertekan pada kondisi yang tidak sempurna+berubah2, melewatkan banyak waktu untuk menganalisis, standard yang terlalu tinggi, sulit mengungkapkan perasaan, menahan kasih sayang (apa bener yang ini yah??), dan rasa curiga besar aka terlalu kritis.

Sedangkan sebagai seorang koleris, dikatakan bahwa kekuatanku adalah – dinamis dan aktif, senang mengoreksi kesalahan, senang membuat keputusan, berkemauan keras adn pasti, ingin mencapai target, bebas dan mandiri, berani menghadapi tantangan, hari ini harus lebih baik dari kemarin, mencari pemecahan masalah, bergerak cepat, menentukan tujuan, terdorong oleh tantangan, mau mengorganisasi, biasanya benar (woots) dan punya visi ke depan. Tapi kelemahannya adalah : tidak sabar, cepat marah, kasar, terlalu bergairah, terlalu kaku (akan aturan), tidak suka air mata (masa sih??), tidak suka bertele2,menuntut orang lain, sulit untuk santai, workaholics, sulit mengaku salah (kayanya ngga deh..), tidak taktis, mungkin selalu benar tapi tidak populer (absolutely right…XD)…

So, kelemahan gw yang menonjol yang gw rasakan sih adalah gw selalu memasang standard untuk segala sesuatunya, dan kalau ada something wrong with that, gw akan mempertanyakan dan kekeh. Karena gw selalu berpikir, setiap orang seharusnya tau, tapi dalam kenyataan ternyata ada yang tidak tau, gw akan jadi marah. Ini menjadi masalah utama di kantor. Karena biasanya setiap kantor punya peraturan dan standard kerja yang aku pegang teguh, begitu ada karyawan yang cuma so-so, semaunya, gw menjadi naik darah. Juga karena kesensitifan gw, dimana gw terlalu pedulian, membuat gw mudah dimanfaatkan orang lain yang tau benar dengan sifatku. Karena bagi gw, kalo udah disuruh sekali ngga dikerjakan, membuat tanganku gatal untuk melakukannya sendiri…padahal itu sebenarnya bukan bagian dari tugasku. Rasanya susah sekali untuk cuek dan tidak peduli padahal gw tau ada sesuatu yang salah yang sedang terjadi. Emak2 banget dah.😄

Bagaimana dengan diri kalian???